vonlenska, bahasa musik bagi sigur ros


.

hey kawan,
kali ini gw bakal ngebahas apa itu namanya vonlenska. mungkin asing terdengar ditelinga kalian apa itu vonlenska. vonlenska adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan lirik dipahami dinyanyikan oleh band,  secara khusus oleh Jon Thor Birgisson . Hal ini juga biasa dikenal dengan terjemahan bahasa Inggris namanya, Hopelandic. Ia mengambil nama dari "Von", sebuah lagu Sigur Ros pada album debut Von mana ia pertama kali digunakan.

Vonlenska adalah bahasa non-harfiah, tanpa sintaks tetap, dan berbeda dari bahasa dibangun yang dapat digunakan untuk komunikasi. Ini berfokus sepenuhnya pada bunyi bahasa, kurang tata bahasa, makna, dan bahkan kata-kata yang berbeda. Sebaliknya, terdiri dari emotif -leksikal vocables non dan fonem , berlaku, Vonlenska menggunakan unsur-unsur melodi dan irama bernyanyi tanpa isi konseptual bahasa. Dengan cara ini, mirip dengan penggunaan bernyanyi hujan deras di vokal jazz . Website band menjelaskan sebagai "bentuk omong kosong vokal yang sesuai dengan musik ";  itu mirip dalam konsep untuk 'omong kosong' bahasa yang sering digunakan oleh Cocteau Twins penyanyi Elizabeth Fraser pada 1980-an dan 1990-an. Sebagian besar string suku kata yang dinyanyikan oleh Jon Thor Birgisson diulangi berkali-kali sepanjang setiap lagu, dan dalam hal () , sepanjang seluruh album.
bagi gw, sigur ros dan vonlenska nya ini cukup unik, dimana seperti yang pernah dikatan oleh jonsi sang vokalis, bahwa dalam vonlenska kita dapat mengartikan sendiri arti lagu itu menurut kita sesuai dengan hati kita sendiri. mungkin bahasa von ini terdengar aneh namun jika kalian mendengarkan lagunya kemudian kalian mengartikan lagu itu berdasarkan hati kalian, lagu itu akan terdengar sangat mantap. itulah mengapa gw suka banget sama yang namanya sigur ros :D

Your Reply